Bangun Pusat Budaya dan Seni

Bangun Pusat Budaya dan Seni

Bangun Pusat Budaya dan Seni

Bangun Pusat Budaya dan Seni
Bangun Pusat Budaya dan Seni

Pemerintah Kota Bandung berencana membangun kawasan pusat budaya

dan seni kreatif berbasis lingkungan di Kelurahan Pasanggrahan, Kecamatan Ujungberung, di atas tanah seluas 10 hektar, yang bakal dinamakan Lembur Adat Pasanggrahan.
Seni Reak
FAJRI ACHMAD NF / BANDUNG EKSPRES

LESTARIKAN BUDAYA: Pertunjukan seni reak pada Gebyar Seni Reak ke-3 2015 di Lapangan eks Makam Pahlawan, Minggu (13/12). Pemkot akan membangun pusat seni dan budaya di Pasanggrahan

Saat ini proses pembangunan tahap pertama adalah memasang fondasi

di atas lahan seluas 5,2 hektar dengan anggaran dari APBD Kota Bandung.

Camat Ujung Berung Taufik menuturkan, tahun depan dilakukan pembangunan dengan anggaran sekitar Rp 4 miliar. ’’Pembangunan kawasan seni dan adat di Kelurahan Pasanggrahan ini sudah sangat disetujui oleh masyarakat sekitar,” kata Taufik di sela-sela acara syukuran Lembur Adat Pasanggrahan ke-7, kemarin.

Nantinya seluruh kesenian yang ada di Kota Bandung akan dipusatkan di tempat tersebut. Sehingga ke depannya dapat menjadi destinasi wisata budaya dan seni di kota kembang. ’’Yang jelas kelompok seni yang ada di Ujungberung ini akan terpusat di Lembur Adat Pesanggarahan,” tukasnya.

Berdasarkan informasi, Pemkot Bandung akan menggelontorkan dana hingga Rp 120 miliar

demi membangun kampung adat Pesanggrahan. Pasalnya, selain wisata budaya dan seni, lokasi ini akan dijadikan kawasan agrowisata atau wisata pertanian.

Kegiatan tahunan itu untuk mensyukuri hasil panen masyarakat sekitar atau syukuran Lembur Adat Pasanggrahan. Berbagai kesenian tradisional seperti reog, kacapi suling, taruban, dan tari jaipong mewarnai acara syukuran tersebut.

Tak hanya itu, makna dari acara syukuran lembur adat adalah agar masyarakat berkomitmen bersama senantiasa menjaga lungkungan terutama menjaga seke, karena air adalah sumber kehidupan masyarakat.


Sumber: https://nashatakram.net/jasa-penulis-artikel/

You might be interested in …

Masyarakat Perlu Pemahaman tentang Autisme Jabar Ekspres Jabar Ekspres Rabu, 4 April 2018

Masyarakat Perlu Pemahaman tentang Autisme Jabar Ekspres | Jabar Ekspres Rabu, 4 April 2018

Pendidikan

Masyarakat Perlu Pemahaman tentang Autisme Jabar Ekspres | Jabar Ekspres Rabu, 4 April 2018 Bandung – Pemahaman terkait autisme masih menjadi permasalahan yang hingga saat ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Sebab, masih banyak orang yang memberi perlakuan atau bentuk ketidakpedulian karena menganggap autisme sama dengan keterbalakangan mental. Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak […]

Read More
Tahapan Siklus Daur Nitrogen

Tahapan Siklus Daur Nitrogen

Pendidikan

Tahapan Siklus Daur Nitrogen 1. Petir Petir mempunyai energi yang sangat besar yang bisa dipakai untuk memecah N di atmosfer sehingga bisa bereaksi dengan oksigen dan membentuk nitrat (NO3). Nitrat (NO3) jatuh ke tanah dengan air hujan dalam siklus air sehingga menjadi nutrisi penting dalam menunjang kesuburan tanaman. 2. Fiksasi Ada beberapa basil yang mempunyai […]

Read More
Inovasi Mahasiswa ITS Mereduksi Pencemaran Air dari Irigasi Pertanian

Inovasi Mahasiswa ITS Mereduksi Pencemaran Air dari Irigasi Pertanian

Pendidikan

Inovasi Mahasiswa ITS Mereduksi Pencemaran Air dari Irigasi Pertanian Limbah pupuk kimia dan pestisida dari kegiatan irigasi pertanian menjadi salah satu penyebab pencemaran air di muka bumi. Padahal sektor pertanian sendiri menggunakan air untuk irigasi sekitar 70 persen hingga 90 persen dari seluruh kebutuhan air di bumi. Melihat kondisi ini, mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember […]

Read More