Bahasa Web Design – Tinjauan Mengenai Persyaratan umum

Bahasa Web Design - Tinjauan Mengenai Persyaratan umum

Bahasa Web Design – Tinjauan Mengenai Persyaratan umum

Bahasa Web Design - Tinjauan Mengenai Persyaratan umum
Bahasa Web Design – Tinjauan Mengenai Persyaratan umum
Jika Anda mempunyai sebuah proyek yang sangat potensial yang hubungan utamanya dengan desain web, Apakah Anda pernah berpikir untuk terjun langsung ke industri desain web atau akan mengandalkan jasa para desainer web. Satu hal yang akan Anda ketahui dengan cepat adalah bahwa ada leksikon / kosa kata / bahasa unik untuk profesi ini. Bagi mereka yang baru berkecimpung di dunia desain web, kendala bahasa ini bisa sangat menakutkan, tetapi kenyataannya adalah bahwa Anda dapat dengan cepat “talk the talk” dengan memahami beberapa istilah umum dan akronim dari industri web design ini.

URL

URL singkatan dari “Uniform Resource Locator”, meskipun tidak sering sering disebutkan dalam suatu percakapan (Anda tidak perlu mengingat apa akronim dari URL!). URL ini adalah sebuah alamat website, misalnya https://pengetikan.co.id/ adalah salah satu contoh dari URL. Istilah ini umumnya digunakan bersama dengan “nama domain”, yang merupakan nama yang Anda bayar untuk digunakan pada website Anda. “Www” adalah bagian dari URL, dikenal sebagai “sub-domain”. Banyak URL website menyertakan “www”, namun sebenarnya sub-domain tersebut tidak begitu diperlukan dan sub-domain lainnya dapat digunakan ditempatkan pada posisi sub-domain “www” – misalnya, Anda mempunyai website secure.websiteaddress.com dimana sub-domain adalah “secure”. Semua alamat tersebut akan dianggap URL.

Web Browser

Web browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melihat sebuah website. Web browser dapat ditemukan di berbagai perangkat, termasuk komputer desktop, laptop, tablet, ponsel, sistem game, dan banyak lagi. Beberapa web browser yang umum digunakan adalah Google Chrome, Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera.

HTML

HyperText Markup Language adalah bahasa yang digunakan untuk membuat struktur halaman web. HTML termasuk paragraf, judul, daftar, link, dan banyak “elemen” lain yang dapat digunakan untuk membangun sebuah website. Banyak web profesional akan menggunakan istilah “markup” untuk merujuk ke HTML. Ada sejumlah varietas yang berbeda dari HTML selama beberapa tahun ini, termasuk versi terbaru, yaitu HTML5.

CSS

Cascading Style Sheets menentukan tampilan visual sebuah website, termasuk warna, font, tata letak halaman dan banyak lagi. CSS digabungkan dengan HTML untuk membuat struktur (HTML) dan style (CSS) dari sebuah situs web.

Javascript

Javascript adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk menambah fungsionalitas tambahan untuk situs web. Javascript digunakan bersama HTML dan CSS. Beberapa penggunaan umum dari Javascript adalah untuk mendeteksi web browser dalam mendukung fungsi tertentu atau untuk menambahkan fitur seperti animasi.

Responsive Design

Responsive Design salah satunya adalah layout yang dinamis, berubah bila dilihat dari ukuran layar yang berbeda. Daripada melakukan pendekatan “one size fits all” untuk visual dari tata letak situs, situs responsif dapat menyajikan salah satu tampilan untuk perangkat tertentu atau ukuran layar dan tata letak lainnya untuk ukuran yang berbeda. Misalnya, homepage sebuah situs dapat dirancang dengan beberapa kolom dari konten untuk ditampilkan pada layar yang lebar, tapi tata letak multi-kolom tidak akan bekerja untuk layar kecil, misal perangkat mobile. Untuk perangkat tersebut, situs responsif secara otomatis akan reflow tata letak untuk menyajikan konten dalam satu kolom.

SEO

Search Engine Optimization adalah praktek untuk memastikan website menarik bagi mesin pencari yang akan mengefektifkan peringkat untuk istilah dan frase yang sesuai dengan isi website. SEO, dan secara khusus apa yang bekerja dan apa yang tidak bekerja untuk membuat website lebih findable, merupakan area yang sangat rentan terhadap informasi yang salah, karena itu, target utama adalah untuk meminimalisir penyalahgunaan.

CMS

Content Management System adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membangun website, memungkinkan seseorang yang tidak tahu kode website untuk dapat dengan mudah memperbarui dan mengelola konten website. Banyak platform CMS dapat diakses melalui browser web, yang memungkinkan pengguna untuk logged in dan mengedit situs tersebut. Beberapa platform CMS populer diantaranya WordPress, Drupal, ExpressionEngine, Joomla, Perch, dan Webydo.

Web Hosting

Hal ini pada dasarnya adalah sewa untuk website Anda. Anda membayar sebuah perusahaan untuk space pada server web di mana halaman website Anda dan sumber daya lainnya (gambar, dokumen, dll) berada. Ketika seseorang mengunjungi situs Anda, file dan sumber daya lainnya dikirim dari server web ini.