Bahan Baku Produk Getah Nyatu

Bahan Baku Produk Getah Nyatu
Bahan baku produk getah nyatu ini bersumber dari pohon Nyatoh dan pohon Nyamu yang berasal dari Bukit Tangkiling. Dari hasil survei dan wawancara yang dilakukan, bahwa penebangan atau pengambilan getah nyatu dari pohon tersebut dilakukan pada saat musim kemarau. Pengambilan pohon tersebut diambil dari kawasan hutan bukan dari suatu tanaman.

Metode Pembuatan Berbagai Produk Getah Nyatu

Adapun metode dari pembuatan produk-produk getah nyatu yang dilakukan oleh Bapak Edy Bambang, yaitu sebagai berikut :
  1. Bahan baku yang digunakan untuk menghasilkan produk-produk itu adalah dari pohon Nyatoh dan pohon Nyamu.
  2. Pengambilan atau penebangan pohon Nyatoh ataupun pohon Nyamu diambil pada musim kemarau agar menghasilkan getah yang banyak.
  3. Setelah pengambilan atau penebangan pohon tersebut, dilakukan tindakan dipukul-pukuli pohon tersebut, kemudian dimasak untuk mengeluarkan kotorannya dan menghasilkan suatu getah.
  4. Setelah getah dari pohon tersebut sudah keluar maka dibuat penambahan air dingin supaya getah tidak keras.
  5. Kemudian membentuk getah nyatu sesuai yang diinginkan untuk menghasilkan produk getah nyatu.
Lama Pembuatan Produk Getah Nyatu
Dari hasil survei yang didapatkan, bahwa pembuatan getah nyatu ini mempunyai proses pembuatannya dengan jangka sesuai dengan permintaan pembelinya atau konsumennya atau sesuai produk yang dikerjakan oleh peranjin (dapat dua hari atau satu bulan selesai produk tersebut).
Masalah Industri Perajin Getah Nyatu
Adapun masalah yang dihadapi oleh industri ini adalah bahwa berkurangnya bahan baku penghasil getah nyatu yang menyebabkan terjadi penurunan produk getah nyatu. Bahan baku yang diperlukan itu adalah pohon Nyatoh dan pohon Nyamu, pohon ini terdapat di dataran tinggi Bukit Tangkiling yang semakin terancam atau jumlahnya semakin sedikit.

You might be interested in …

Untuk menjadi pengikut Din-i-Ilahi, kandidat dengan serban di tangannya

Umum

Pokok-pokok ajaran Din-i-Ilahi Pokok ajaran Din-i-Ilahi versi Abul Fazl : a. Untuk menjadi pengikut Din-i-Ilahi, kandidat dengan serban di tangannya harus meletakkan kepalanya di kaki Sultan Akbar dan melepaskan dari dari segala benttuk keangkuhan, keegoisan dan kejahatan. Kemudian Sultan Akbar mengembangkan tangan kandidat, menegakkannya dan meletakkan serban tersebut di kepalanya. b. Ketika berjumpa dengan temannya, […]

Read More

akhlak dan tasawuf dalam era modernisasi dan globalisasi

Umum

PERAN TASAWUF DI ERA GLOBALISASI A. Pendahuluan Zaman sekarang adalah zaman modern dimana kita dapat dengan mudah mengakses segala sesuatu hanya dengan jari telunjuk saja, yaitu dengan menggunakan internet. Dimasa globalisasi ini segala sesuatunya pun dapat lebih mudah dengan canggihnya berbagai macam teknologi canggih, untuk itu kita dituntut agar bisa memanfaatkan kelebihan itu dengan sebaik […]

Read More
Sejarah dan Profil Perusahaan Garuda Indonesia (Persero), Tbk

Sejarah dan Profil Perusahaan Garuda Indonesia (Persero), Tbk

Umum

Sejarah dan Profil Perusahaan Garuda Indonesia (Persero), Tbk Karena kemajemukan dan kekhususan penanggungan dalam bidang maintenance Engineering, pada tahun 1978 Pendidikan Teknik yang sebelumnya berada di bagian Pendidikan digabung kembali ke Dinas Teknik. Pendidikan dan Pelatihan bagi karyawan teknik disebut Maintenance Training yang dijabat oleh Ir. R.M. Praminto sejak tanggal 15 Maret 1978. Management menyadari […]

Read More