Bagi nasabah

Bagi nasabah

Bagi nasabah

Bagi nasabah

          Masyarakat yang menolak konsep asuransi, biasanya disebabkan karena kurangnya pengetahuan mereka pada keuntungan asuransi. Selain itu, ada sebuah stigma tradisional yang menyebabkan seseorang sudah merasa apriori pada kata asuransi. Beberapa stigma negatif seperti telah disebutkan sebelumnya semakin diyakini sebagai sebuah kebenaran ketika pihak perusahaan asuransi sendiri misalnya tidak memberikan edukasi secara jelas dan tepat. Terlepas dari itu semua, beberapa keuntungan asuransi yang bisa didapatkan seseorang ketika menjadi nasabah perusahaan asuransi antara lain :

  1. a)Memberikan rasa aman dan ketenangan hidup.
  2. b)Merupakan simpanan yang pada saat jatuh tempo dapat ditarik kembali.
  3. c)Terhindar dari risiko kerugian atau kehilangan.
  4. d)Memperoleh penghasilan di masa yang akan datang.
  5. e)Memperoleh penggantian akibat kerusakan atau kehilangan.
  6. f)Menjadikan seseorang bisa lebih tertib dalam mengatur keuangan mereka.
  7. g)Memudahkan urusan.
  1. Bagi perusahaan asuransi
  2. a) Keuntungan dari premi yang diberikan ke nasabah.
  3. b) Keuntungan dari hasil penyertaan modal di perusahaan lain.
  4. c) Keuntungan dari hasil bunga dari investasi di surat – surat berharga.

Tujuan Asuransi

Pada dasarnya tujuan masyarakat menjadi nasabah perusahaan asuransi untuk mengurangi risiko yang pasti ( misalnya kematian) dan mungkin (misalnya kecelakaan) terjadi dalam masyarakat dengan cara mempertanggungkan risiko tersebut pada perusahaan asuransi atau risiko yang terjadi dalam masyarakat akan ditanggung perusahaan asuransi.

berikut ini disajikan tujuan masyarakat menjadi nasabah perusahaan asuransi yaitu:

  1. Dalam pertanggungan dapat dilakukan pencegahan kerugian yang akan  memberikan keuntungan tertentu yaitu berupa pengurangan kerugian dan pengurangan biaya yang menyangkut pertanggungan tersebut.
  2. Pencegahan dan perlindungan untuk memperkecil kerugian yang terjadi dapat berupa pereduksian sebab-sebab yang dapat menimbulkan kerugian, perlindungan produk atau orang yang akan dirugikan, pengurangan kerugian, dan perlindungan agar produk yang telah rusak tidak semakin rusak.
  3. Memberikan keuntungan tertentu pada masyarakat yang mengikuti asuransi karena dengan mengetahui besarnya risiko yang terjadi dapat diketahui besarnya kerugian yang dialami.

2.4       Prinsip Dasar Asuransi

Dalam dunia asuransi ada 6 macam prinsip dasar asuransi yang harus dipenuhi yaitu :

  • Insurable Interest adalah hak untuk mengasuransikan yang timbul dari suatu hubungan keuangan, antara tertanggung dengan yang diasuransikan dan diakui secara hukum.
  • Utmost Good Faith adalah suatu tindakan untuk mengungkapkan secara akurat dan lengkap, semua fakta yang material (material fact) mengenai sesuatu yang akan diasuransikan baik diminta maupun tidak. Artinya adalah penanggung harus dengan jujur menerangkan dengan jelas segala sesuatu tentang luasnya syarat/kondisi dari asuransi dan si tertangung juga harus memberikan keterangan yang jelas dan benar atas obyek atau kepentingan yang dipertanggungkan.
  • Proximate Cause adalah suatu penyebab aktif, efisien yang menimbulkan rantaian kejadian yang menimbulkan suatu akibat tanpa adanya intervensi suatu yang mulai dan secara aktif dari sumber yang baru dan independen.
  •  Indemnity adalah suatu mekanisme dimana penanggung menyediakan kompensasi financial dalam upayanya menempatkan tertanggung dalam posisi keuangan yang ia miliki sesaat sebelum terjadinya kerugian (KUHD pasal 252, 253 dan dipertegas dalam pasal 278).
  • Subrogation adalan pengalihan hak tuntut dari tertanggung kepada penanggung setelah klaim dibayar.
  • Contribution adalah hak penanggung untuk mengajak penanggung lainnya yang sama-sama menanggung, tetapi tidak harus sama kewajibannya terhadap tertanggung untuk ikut memberikan indemnity.

2.5       Risiko dan Ketidakpastian

Secara umum, risiko adalah kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang menimbulkan kerugian. Risiko dalam industry perasuransian diartikan sebagai ketidakpastian dari kerugian financial atau kemungkinan terjadinya kerugian.

Jenis-jenis risiko:

      –          Risiko murni adalah risiko yang apabila benar-benar terjadi, akan memberikan kerugian dan apabila tidak terjadi, tidak akan menimbulkan kerugian dan tidak juga memberikan keuntungan

      –          Risiko Spekulatif adalah risiko yang berkaitan dengan terjadinya dua kemungkinan untuk mendapat kerugian.

      –          Risiko Individu adalah risiko yang kemungkinan dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti risiko pribadi, risiko harta, risiko tanggung gugat

 

Sumber :

https://callcenters.id/

You might be interested in …

Bidang Seni Rupa Pada Masa Kerajaan Di Indonesia

Bidang Seni Rupa Pada Masa Kerajaan Di Indonesia

Pendidikan

Bidang Seni Rupa Pada Masa Kerajaan Di Indonesia Selain pada arsitektur, pengaruh budaya Hindu-Buddha terlihat pada bidang seni rupa, seperti corak relief, patung atau arca, dan makara pada candi atau keraton. Dalam hal motif yang pada masa prasejarah berupa motif-motif budaya Vietnam purba, maka pada masa Hindu-Buddha berkembang dan makin beragam. Patung Arca (patung) dipahat […]

Read More
Masuk dan Berkembangnya Pendidikan Islam di Aceh

Masuk dan Berkembangnya Pendidikan Islam di Aceh

Pendidikan

Masuk dan Berkembangnya Pendidikan Islam di Aceh Hampir semua ahli sejarah menyatakan bahwa dearah Indonesia yang mula-mula di masuki Islam ialah daerah Aceh.[15] Berdasarkan kesimpulan seminar tentang masuknya Islam ke Indonesia yang berlangsung di Medan pada tanggal 17 – 20 Maret 1963, yaitu: Islam untuk pertama kalinya telah masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M, dan […]

Read More
17 Siswa Asal Bekasi Peserta OSN

17 Siswa Asal Bekasi Peserta OSN

Pendidikan

17 Siswa Asal Bekasi Peserta OSN Sebanyak 55 siswa Jawa Barat bersaing di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-18 yang diadakan di Manado, Sulawesi Utara pada 30 Juni – 6 Juli 2019. Dari jumlah tersebut, 17 siswa diantaranya berasal dari wilayah Bekasi. Belasan siswa tersebut yakni Aurelius Bryan Yuwana siswa SMA Victory Plus, Reza Anita […]

Read More