Aspek Penilaian Multimedia Pembelajaran

Aspek Penilaian Multimedia Pembelajaran

Aspek Penilaian Multimedia Pembelajaran

Aspek Penilaian Multimedia Pembelajaran

Menurut Wahono (2007) penilaian multimedia pembelajaran berdasarkan beberapa aspek yaitu :

Aspek Rekayasa Perangkat Lunak

  • Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran
  • Reliable (handal)
  • Maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah)
  • Usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya)
  • Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan
  • Kompatibilitas (media pembelajaran dapat diinstalasi/dijalankan di berbagai hardware dan software yang ada)
  • Pemaketan program media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi
  • Dokumentasi program media pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi (jelas, singkat, lengkap), trouble shooting (jelas, terstruktur, dan antisipatif), desain program (jelas, menggambarkan alur kerja program)
  • Reusable (sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain)

Aspek Desain Pembelajaran

  • Kejelasan tujuan pembelajaran (rumusan, realistis)
  • Relevansi tujuan pembelajaran dengan SK/KD/Kurikulum
  • Cakupan dan kedalaman tujuan pembelajaran
  • Ketepatan penggunaan strategi pembelajaran
  • Interaktivitas
  • Pemberian motivasi belajar
  • Kontekstualitas dan aktualitas
  • Kelengkapan dan kualitas bahan bantuan belajar
  • Kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran
  • Kedalaman materi
  • Kemudahan untuk dipahami
  • Sistematis, runut, alur logika jelas
  • Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, latihan
  • Konsistensi evaluasi dengan tujuan pembelajaran
  • Ketepatan dan ketetapan alat evaluasi
  • Pemberian umpan balik terhadap hasil evaluasi

Aspek Komunikasi Visual

  • Komunikatif; sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan keinginan sasaran
  • Kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan
  • Sederhana dan memikat
  • Audio (narasi, sound effect, backsound,musik)
  • Visual (layout design, typography, warna)
  • Media bergerak (animasi, movie)
  • Layout Interactive (ikon navigasi)

Sumber : https://filehippo.co.id/

You might be interested in …

Pensi SMAN 1 Jambi Berlangsung Semarak, Fasilitasi Kreatifitas Seni Siswa

Pensi SMAN 1 Jambi Berlangsung Semarak, Fasilitasi Kreatifitas Seni Siswa

Pendidikan

Pensi SMAN 1 Jambi Berlangsung Semarak, Fasilitasi Kreatifitas Seni Siswa SMAN 1 Kota Jambi mengelar pentas seni (Pensi) pada Kamis (15/2) lalu. Kegiatan menjadi wadah bagi siswa dalam menampilkan kreatifitas seni dan bakat yang dimikili. Berbagai penampilan dari kreatifitas siswa ditampilkan, di antaranya tari, vokal solo dan group, music dan berbagai kegiatan lain sebagainya. Pembukaan […]

Read More
KKN di Nagari Kubuang Solok, Mahasiwa Universita Bung Hatta Laksanakan Sejumlah Program

KKN di Nagari Kubuang Solok, Mahasiwa Universita Bung Hatta Laksanakan Sejumlah Program

Pendidikan

KKN di Nagari Kubuang Solok, Mahasiwa Universita Bung Hatta Laksanakan Sejumlah Program Mahasiswa Universitas Bung Hatta  Kuliah kerja Nyata (KKN) di Nagari Gauang , Kecamatan Kubung , Kabupaten Solok, selama sebulan, 14 Juli-14 Agustus 2016. Selama KKN sejumlah program akan dilaksanakan, seperti  membina Anak Sekolah Dasar tentang Pendidikan Bahasa Ingris,IngrisVocabulary terutama masalah Vocabulary dan dasar […]

Read More
Pengembangan dan pemeliharaan skema sertifikasi

Pengembangan dan pemeliharaan skema sertifikasi

Pendidikan

Pengembangan dan pemeliharaan skema sertifikasi 4.3.1 LSP harus menetapkan metode dan mekanisme untuk digunakan dalam mengevaluasi kompetensi calon dan harus menetapkan kebijakan dan prosedur yang sesuai untuk pengembangan awal dan pemeliharaan berkelanjutan dari metode dan mekanisme tersebut. CATATAN lampiran A memberikan panduan untuk pengembangan dan pemeliharaan skema sertifikasi. 4.3.2 LSP harus menetapkan suatu proses pengembangan […]

Read More