Apple Mematenkan Fitur Touch ID Baru Yang Lebih Aman

Apple Mematenkan Fitur Touch ID Baru Yang Lebih Aman

Apple Mematenkan Fitur Touch ID Baru Yang Lebih Aman

 

Apple Mematenkan Fitur Touch ID Baru Yang Lebih Aman
Apple Mematenkan Fitur Touch ID Baru Yang Lebih Aman

Apple memang tidak akan pernah berhenti melakukan inovasi. Setelah ada fitur baru yang diaplikasikan ke iPhone

generasi terbarunya, yaitu fitur Touch ID, maka kali ini Apple berencana untuk lebih meningkatkan tingkat keamanan dari fitur tersebut.

Tentu aja hal ini tersebut disambut baik oleh para pengguna iPhone di seluruh dunia, karena keamanan iPhone mereka pasti bakalan lebih meningkat lagi.

Fitur Touch ID ini memang termasuk fitur yang canggih gais, karena untuk bisa membuka kunci iPhone penggunanya harus melakukan scan sidik jari terlebih dahulu. Namun yang namanya hacker pastilah mempunyai cara untuk bisa membobol sistem keamanan Touch ID tersebut, makanya sebelum ada kasus pembobolan Touch ID, Apple segera akan memperbarui sistem Touch ID andalannya.

Hal tersebut terungkap setelah Apple mematenkan sebuah paten yang disertai gambar tentang fitur baru Touch ID. Dimana fitur baru Touch ID terbaru akan memadukan antara fitur Touch ID lama dengan kombinasi kode kunci menggunakan gerak jari.
Paten Touch ID Baru Apple

Paten Touch ID Baru Apple
Paten Touch ID Baru Apple

Paten Touch ID Baru Apple
Paten Touch ID Baru Apple

Paten Touch ID Baru Apple

Nantinya, saat para pengguna menggunakan Touch ID, mereka juga harus memasukan sebuah kombinasi angka. Cara memasukkan kombinasi angka tersebut dilakukan dengan menggerakan jari pada tombol home. Pastinya dengan tingkat kemanan yang dobel ini, iPhone akan menjadi lebih aman dari sentuhan tangan-tangan jahil.

Yang menarik adalah, fitur baru Touch ID dari Apple ini juga bisa menganalisis dan mengingat pergerakan tangan

penggunanya. Hal tersebut bisa dilakukan karena ada prosesor khusus yang bisa mengenali pola pergerakan jari dari penggunanya.

Sensor Touch ID dan prosesor tersebut akan saling terintegrasi, dan nanti kunci layar hanya akan bisa dibuka jika pola pergerakan jari untuk memasukan kombinasi angka sama dengan pola pergerakan jari dari penggunanya. Kalau pola pergerakan jarinya tidak sama, maka layar iPhone tidak akan bisa terbuka.

Untuk memasukkan kode kombinasi angka juga bisa dilakukan dengan dua cara gais. Bisa dengan gerakan memutar

atau bisa juga dengan gerakan linear. Kalau gerakan memutar mungkin sama dengan gerakan memutar untuk membuka kunci brankas gais. Sedangkan untuk gerakan linear mungkin sama dengan gerakan untuk membuka kunci layar dengan metode pattern pada hape Android. Pengguna bisa memilih mau menggunakan cara yang mana.

Menarik ya fitur baru Touch ID dari Apple ini, semoga aja fitur ini udah hadir pada generasi iPhone yang berikutnya.

Gambar: Fitur Touch ID Pada iPhone via Shutterstock

Sumber:

https://excite.co.id/

You might be interested in …

Sony Togari: Phablet Baru dengan Teknologi Lebih Mantap

Teknologi

Sony Togari: Phablet Baru dengan Teknologi Lebih Mantap Persaingan dalam industri gadget tampaknya akan menjadi semakin menarik karena setiap vendor berusaha untuk memberikan teknologi terbaik bagi konsumennya. Tidak terkecuali juga Sony. Dengan kehadiran produk berkonsep Phablet yang baru ini, Sony mempersembahkan kualitas dan performa yang lebih baik untuk setiap penggunanya. Rencananya, Phablet baru tersebut akan […]

Read More

Snapchat akan tutup layanan transfer uang Snapcash

Teknologi

Snapchat akan tutup layanan transfer uang Snapcash Pada 2014 Snapchat bermitra dengan Square untuk menawarkan layanan transfer uang peer to peer yang dikenal dengan nama Snapcash. Namun kini Snapchat akan menutup layanan tersebut. Snapcash dibuat sebagai cara untuk membayar utang kepada teman. Namun, belakangan layanan ini dikenal sebagai cara bagi pengguna untuk membuka konten dewasa […]

Read More
7 Merk TV LED Terbaik 2020 Awet, Jernih dan Bagus

7 Merk TV LED Terbaik 2020: Awet, Jernih dan Bagus

Teknologi

7 Merk TV LED Terbaik 2020: Awet, Jernih dan Bagus   Teknologi TV selalu mengalami perkembangan layaknya smartphone. Dulu mungkin kita mengenal yang namanya TV tabung yang memiliki ukuran terbilang tebal. Namun kemudian teknologi televisi berkembang dan munculah TV LCD dan LED yang memiliki body lebih tipis dan slim. Selain dari tampilan fisik, TV jaman […]

Read More