Android Bisa Jadi Kunci Fisik Login ke Google

Android Bisa Jadi Kunci Fisik Login ke Google

Android Bisa Jadi Kunci Fisik Login ke Google

Android Bisa Jadi Kunci Fisik Login ke Google
Android Bisa Jadi Kunci Fisik Login ke Google

 

Biasanya verifikasi login menggunakan kode pin

yang dikirim melalui SMS. Pekan ini, Google menambahkan cara baru untuk memverifikasi dengan cara menggunakan perangkat Android sebagai kunci keamanan fisik pada metode otentikasi dua faktor.

Berkat otentikasi dua faktor, orang lain tidak akan bisa masuk ke situs web menggunakan akun Anda meski mereka mengetahui kata sandi Anda. Karena sekarang Google menambahkan kenyamanan verifikasi dengan fitur baru.

Jika perangkat Anda menjalankan OS Android versi 7.0 atau lebih tinggi, kini Anda juga mempunyai kunci keamanan alternatif yang nyaman layaknya kunci fisik.

 

Solusi ini lebih aman daripada opsi otentikasi dua faktor

yang sudah lazim seperti menggunakan SMS, karena perangkat akan berkomunikasi dengan komputer Anda melalui Bluetooth. SMS dapat diretas, dan sebagian besar metode sekunder lainnya untuk memverifikasi login Anda tidak akan bisa memeriksa apakah itu benar-benar Anda yang mencoba untuk masuk ke situs yang dituju.

Pertama-tama, komputer Anda harus menjalankan Windows 10, macOS, atau Chrome OS, dengan versi Chrome 72 atau lebih baru. Ya, Anda harus mengaturnya dari komputer.

Cara Mudah Tambahkan Kontak ke Gmail

Sebelum Anda mulai, pastikan mengaktifkan Bluetooth di perangkat Anda.

Berikut cara mengaturnya:

  • Jika Anda belum punya akun, pastikan untuk menambahkan akun Google ke perangkat Anda dengan menuju ke Pengaturan> Akun> Tambah akun> Google.
  • Kemudian, di komputer Anda, buka browser Google Chrome.
  • Buka myaccount.google.com/security di Chrome dan klik “Verifikasi 2 Langkah.”
  • Anda harus sudah mengatur verifikasi dua langkah.
  • Setelah login, masukkan nomor telepon, dan pilih metode verifikasi sekunder apa yang Anda inginkan.
  • Gulir ke bawah daftar metode sekunder dan pilih “Tambahkan Kunci Keamanan.”
  • Pilih perangkat Anda dari daftar opsi; itu akan muncul secara otomatis.

Selesai. Anda telah mengatur perangkat Android sebagai kunci keamanan dan sekarang bisa masuk ke Gmail, Google Cloud, dan layanan Google lainnya dan menggunakan perangkat sebagai metode verifikasi sekunder.

Kerap Disusupi, Google Tingkatkan Keamanan Demi Kenyamanan Pengguna Android

Pastikan perangkat Anda berada di dekat komputer setiap kali Anda mencoba login. Komputer Anda kemudian akan memberi tahu bahwa perangkat Anda menampilkan prompt. Ketuk pada prompt untuk memverifikasi login dan Anda siap beraksi.

Sumber : https://ngelag.com/

You might be interested in …

Yuk Membuat Meme di Smartphone Android Pakai Aplikasi Ini

Teknologi

Yuk Membuat Meme di Smartphone Android Pakai Aplikasi Ini Masih ingat kecelakaan tabrak tiang listrik yang melibatkan mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto? Setelah kejadian tersebut, langsung ada yang membuat meme dan disebarkan di media sosial sehingga membuat warganet menjadi tertawa. Lantas apa itu meme yang belakang ini menjadi bahan pembicaraan warganet? Menurut pengertian dari […]

Read More
Mengenal Lineage OS, Custom ROM Penerus CyanogenMod

Mengenal Lineage OS, Custom ROM Penerus CyanogenMod

Teknologi

Mengenal Lineage OS, Custom ROM Penerus CyanogenMod   Kamu pasti sudah tau ‘kan, kalau Cyanogen (perusahaan dibalik CyanogenMod) telah menghentikan semua dukungannya terhadap Custom ROM buatan mereka mulai dari akhir tahun lalu. Jadi, kamu yang saat ini masih menggunakan Custom ROM CyanogenMod tidak akan mendapatkan update sistem lagi. Untungnya, sekelompok developer berinisiatif untuk melanjutkan proyek […]

Read More
TENAA Ungkap Perangkat OPPO Seria A Terbaru

TENAA Ungkap Perangkat OPPO Seria A Terbaru

Teknologi

TENAA Ungkap Perangkat OPPO Seria A Terbaru OPPO, produsen smartphone asal Cina terus membuktikan dirinya untuk berkompetisi. Gosip terbaru, OPPO sedang mempersiapkan amunisi terbarunya, yakni OPPO A73. Bahkan, TENAA sendiri telah sedikit mengungkap mengenai perangkat tersebut. Dikemas dengan bentang layar berukuran 6 inci Full HD+, OPPO A73 akan memiliki tepian layar penuh alias full screen […]

Read More