AKIBAT BENCANA ANGIN TOPAN

AKIBAT BENCANA ANGIN TOPAN

Terjadinya Angin topan dapat berpengaruh pada bidang dan aspek-aspek tertentu sehingga mengakibatkan menggangu terhadap mobilitas dan aktifitas. Berikut ini merupakan beberapa hal dampak beberapa bidanng yang terganggu saat terjadinya angin topan, diantarany:

  • Bidang Perhubungan

Selain faktor dari perubahan iklim kecepatan angin dapat mempengaruhi jalur penerbangan. selain penerbangan, jalur transfortasi lainnya pun dapat terhambat. seperti dorongan angin yang kuat akan mengakibatkan terjadinya gelombang yang kencang pada air laut sehingga dapat mengganggu pada transfortasi laut.

  • Bidang Telekomunikasi

Pada bidang Telekomunikasi tentunya selain dipengaruhi oleh iklim dan cuaca, dapat dipengaruhi pula oleh kecepatan angin. Terganggunga lapisan ionosfer dikarenakan kecepatan angin yang terjadi di atmosfer atau lapisan udara serta mengandung beberapa partikel ionisasi yang bermuatan listrik, adanya lapisan ionosfer kita dapat menjelajah dunia melalui siaran-siaran media elektronik.

  • Bidang Pariwisata

Tentunya kecepatan angin sangat berpengaruh pada tempat-tempat pariwisata, selain angin kencangpun beberapa aspek lainya seperti tingginya intensitas cahaya matahari, hujan, dan cuaca lainnya yang dapat mengganggu kesehatan manusia ataupun cagar alam lainnya. baik tempat wisata di darat maupun dilaut.

  • Bidang Pertanian

Idealnya kecepatan angin berkisar 19 sampai 35 km/jam. Sebab pada keadaan kecepatan angin yang rendah, serangga atau musuh alami tanaman dapat membantu proses penyerbuk pada bunga atau cikal bakal buah. Sedangkan pada keadaan kecepatan angin  kencang penakaran benih akan lambat berproses karena serangga penyerbuk tidak mampu bertahan pada saat angin kecang terjadi.

  • Bidang Kontruksi Bangunan
  1. Angin kencang pun dapat berakibat pada kontruksi dan bangunan, diantaranya:
  2. Bangunan terangkat
  3. Atap bangunan terangkat atau terbang
  4. Ada pergesaran antara bangunan dengan pondasinya
  5. Robohnya bangunan
  6. Kerusakan pada bangunan.
  1. PENANGGULANGAN BENCANA ANGIN TOPAN

  2. PENANGGULANGAN SEBELUM BENCANA ANGIN TOPAN
  • Selalu mendengarkan kabar terbaru terkait prakiraan cuaca setempat.
  • Kurangi beban pada pohon-pohon sekitar rumah dengan menebang dahan – dahan yang rimbun dan tinggi.
  • Khusus untuk wilayah-wilayah yang sangat rawan bencana angin topan maka gunakan standar bangunan dengan memperhatikan koevisien untuk menjaga goncangan dari akibat angin kencang
  • Persiapkan bangunan umum yang cukup luas sebagai tempat penampungan sementara untuk  warga dan harta benda yang dapat diselamatkan dari bencana angin topan.
  • Ikat kuat kapal atau sampan bagi para nelayan agar mencegah goncangan air laut yang menimpa kapal atau sampan.
  • Pengamanan terhadap barang-barang yang ada disekitar rumah agar tidak berterbangan ketiaka tertiup angin kencang.
  • Selalu waspadalah terhadap perubahan cuaca, yang mungkin akan menimbulkan terjadinya angin topan.
  • Waspadai tanda-tanda bahaya sebagai berikut:
  1. Langit gelap, berwarna kehijauan.
  2. Hujan es dengan mengeluarkan butiran besar.
  3. Awan rendah, hitam, dan besar, serta seringkali bergerak berputar-putar.
  4. Suara gemuruh yang keras seperti bunyi kereta api yang melaju cepat.

bca juga :

You might be interested in …

Pengertian Bimbingan dan Pengertian Konseling

Pengertian Bimbingan dan Pengertian Konseling

Pendidikan

Pengertian Bimbingan dan Pengertian Konseling Menurut Pendapat Jones Pengertian Bimbingan adalah bantuan yang diberikan untuk mencerdaskan individu dan untuk melakukan penyesuaian dalam hidup mereka. Kemampuan ini bukan merupakan bawaan dari lahir, akan tetapi harus diajarkan dan dikembangkan. Tujuan Bimbingan yaitu untuk mengembangkan setiap individu agar sampai pada batas kapasitasnya, mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah sendiri […]

Read More
PENINGGALAN KERAJAAN KUTAI

PENINGGALAN KERAJAAN KUTAI

Pendidikan

PENINGGALAN KERAJAAN KUTAI   1. Prasasti Yupa Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel rangkuman sejarah lengkap tenta Sejarah Kerajaan Kutai Lengkap Prasasti Yupa merupakan salah satu bukti sejarah Kerajaan Kutai yang paling tua. Dari prasasti inilah diketahui wacana adanya Kerajaan Kutai di Kalimantan. Di dalam prasasti ini terdapat tulisan-tulisan yang memakai bahasa […]

Read More
Tujuan Negara Republik Indonesia

Tujuan Negara Republik Indonesia

Pendidikan

Tujuan Negara Republik Indonesia Indonesia sebagai sebuah bangsa yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 mempunyai cita-cita dan tujuan yang luhur sebagai suatu bangsa. Dengan cita-cita dan tujuan tersebut, diharapkan bangsa Indonesia mampu menjadi bangsa yang bermartabat sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia, yaitu bangsa yang adil dan makmur dalam segala bidang kehidupan, baik material […]

Read More