4 Jurusan Pendidikan Yang Patut Kamu Hindari Sekaligus Peluang di MEA

4 Jurusan Pendidikan Yang Patut Kamu Hindari Sekaligus Peluang di MEA

8 Jurusan Pendidikan Yang Patut Kamu Hindari Sekaligus Peluang di MEA
8 Jurusan Pendidikan Yang Patut Kamu Hindari Sekaligus Peluang di MEA

Walaupun pada tahap awal pemberlakuan asean ini tidak menjangkau semua sektor namun kita semua dapat melakukan ancang ancang jika sektor yang belum di berlakukan tersebut mulai diberlakukan di kemudian hari.

Pos ini hanya mengambil dari sektor pendidikan yang bisa adik-adik jadikan referensi terutama kamu yang baru lulus SMA yang menginginkan melanjutkan ke jenjang Universitas, sehingga kamu bisa memilah dan menargetkan karir kamu di masa datang.

Jika kamu ingin melanjutkan studi ke universitas berikut ini delapan profesi yang akan bersaing di tahap awal MEA tahun 2016 ini. Berikut delapan profesi tersebut:

  1. INSINYUR

Salah satu profesi yang harus siap menghadapi MEA adalah profesi insinyur. Ini berlaku untuk semua insinyur, yang kalau di Indonesia memakai gelar ST alias sarjana teknik. Para insinyur bergabung dalam organisasi profesi yang disebut Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Saat ini ada 14 jenis profesi insinyur yang ada di Indonesia, mulai dari insinyur mesin, geodesi, teknik fisika, teknik sipil, dan teknik kimia.

  1. ARSITEK

Arsitek adalah mereka yang ahli arsitektur yaitu ahli rancang bangun atau ahli lingkungan binaan. Lingkup pekerjaan arsitekur sangat luas meliputi interior, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional.

Posisinya yang strategis bahkan bisa membuat sebuah pembangunan dihentikan karena tidak sesuai dengan persyaratan yang sudah disepakati.

  1. TENAGA PARIWISATA

Tenaga pariwisata merupakan profesi yang sangat dibutuhkan di Indonesia karena potensi objek pariwisata Indonesia yang cukup banyak.

Pada dasarnya jenis tenaga kerja pariwisata cukup banyak karena banyaknya profesi yang berhubungan dengan sektor yang satu ini. Beberapa contoh di antaranya adalah bidang maskapai penerbangan yang mencakup agen tiket, pilot, pramugari, katering, dan lain-lain. Bisa juga bidang perhotelan, di mana yang terlibat adalah manager hotel, room service, controller, akuntan, dan lain-lain.

  1. AKUNTAN

Akuntan adalah mereka yang ahli di bidang akuntansi. Profesi akuntan dibedakan atas beberapa macam, di antaranya adalah akuntan publik, akuntan intern, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidikan.

Sementara tugasnya juga berbeda-beda. Ada yang mengurus akuntansi keuangan (financial), akutansi biaya (cost), bahkan akuntasi pajak (tax).

Baca juga artikel: