5 Dampak Polusi Pencemaran Tanah

5 Dampak Polusi Pencemaran Tanah

5 Dampak Polusi Pencemaran Tanah

5 Dampak Polusi Pencemaran Tanah
5 Dampak Polusi Pencemaran Tanah

1. Kerusakan Struktur Tanah

Dampak pencemaran tanah pertama sanggup pribadi dirasakan pada struktur tanah. Tanah yang tercemar akan mengalami degradasi struktural. Misalnya, pada tanah yang terlalu sering tercemar dengan pupuk anorganik, strukturnya akan cenderung menjadi lebih sulit, absorpsi air rendah, dan dalam jangka panjang tanah menjadi tidak cocok untuk dipakai sebagai media pertumbuhan akar.

2. Kerusakan Tingkat Kesuburan Tanah

Tanah yang tercemar dengan penggunaan pestisida (seperti herbisida, insektisida, fungisida, nematisida, dll.) Umumnya akan diisi dengan banyak sekali racun. Racun yang terkumpul di dalam tanah akan mengakibatkan maut organisme tanah, menyerupai cacing, bakteri, jamur, atau serangga. Padahal, organisme ini mempunyai tugas yang sangat penting untuk mengembalikan tingkat kesuburan tanah melalui proses dekomposisi yang dilakukannya. Bila organisme mati, maka tingkat kesuburan tanah secara otomatis, terutama kesuburan biologis akan rusak dalam jangka panjang.

3. Merusak Rantai Makanan

Karena matinya organisme tanah dan penurunan kesuburan tanah, keseimbangan rantai kuliner yang terkandung di lingkungan mikro akan terganggu. Tanaman yang biasanya hidup di dalam tanah, tidak lagi ditemukan alasannya ialah kesuburan tanah rendah. Konsumen level 1 akan merasa sulit mendapat kuliner sebagai sumber energinya. Sementara maut organisme tanah menciptakan predator tingkat trofik akan mengalami kelangkaan makanan. Karena kondisi ini, dampak pencemaran tanah terhadap ekosistem akan sangat besar. Kerusakan pada struktur rantai kuliner menciptakan keseimbangan ekosistem tidak terganggu dalam jangka waktu yang lama. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/tabel-sistem-periodik-unsur-kimia-dan-gambar-hd/)

4. Dampak terhadap Kesehatan Manusia

Dampak pencemaran tanah juga sanggup dirasakan terhadap kesehatan manusia. Tanah yang tercemar terkadang mengandung zat dan logam berbahaya dalam jumlah banyak. Jika zat ini terus masuk badan insan dalam jangka panjang akan mengakibatkan banyak sekali jenis penyakit. Contohnya ialah sebagai berikut:
  • Kromium yang ada dalam pestisida dan herbisida termasuk zat karsinogenik yang sanggup mengakibatkan kanker.
  • Timbal, ditemukan di karet, plastik, dan logam sanggup mengakibatkan kerusakan otak dan kerusakan ginjal pada manusia, terutama anak-anak.
  • Kuri (merkuri) dan siklodiena yang ditemukan di limbah rumah sakit sanggup mengakibatkan kerusakan ginjal.
  • PCB dan cyclodiene sanggup mengakibatkan toksisitas hati.
  • Organofosfat dan karmabat sanggup mengakibatkan gangguan saraf otot.
  • Berbagai pelarut yang mengandung klorin hadir dalam deterjen, pemutih, dan sabun sanggup merangsang perubahan hati dan ginjal, serta penurunan fungsi sistem saraf pusat.

 

5. Kerusakan pada Estetika

Estetika atau keindahan lingkungan juga sanggup rusak akhir kontaminasi tanah. Sampah dan sampah yang menumpuk di atas permukaan tanah pribadi menciptakan pemandangan tidak nyaman. Selain itu, sampah juga sanggup menjadi sarang penyakit yang kemudian sanggup menyebar dan menciptakan insan disekitarnya mengalami dilema kesehatan.

You might be interested in …

OECD (Organization for Economic Co-Operation and Development)

Pendidikan

OECD (Organization for Economic Co-Operation and Development) Setelah ditemuinya kegagalan dalam kesepakatan pada konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada sekitar tahun 1970-an, OECD, didukung oleh PBB mengambil langkah baru untuk memerangi korupsi di tingkat internasional. Sebuah badan pekerja atau working group on Bribery in International Business Transaction didirikan pada tahun 1989. Pada awalnya kegiatan-kegiatan yang dilakukan OECD hanya […]

Read More
Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku

Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku

Pendidikan

Memperingati 9.5 Philanthropy Week, UCWeb Donasikan 10.000 Buku Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Central Connecticut State University, Indonesia adalah negara dengan literasi terendah kedua di dunia dalam daftar 61 negara terukur. Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2017, masih ada lebih dari 200.000 anak yang putus sekolah. Selain itu, […]

Read More
Tugas-tugas perkembangan

Tugas-tugas perkembangan

Pendidikan

Tugas-tugas perkembangan Tugas-tugas perkembangan tersebut oleh Havighurst dikaitkan dengan fungsi belajar, karena pada hakikatnya perkembangan kehidupan manusia dipandang sebagai upaya mempelajari norma kehidupan dan budaya masyarakat agar mereka mampu melakukan penyesuaian diri dengan baik di dalam kehidupan nyata. Havighurst (Garrison, 1956: 14-15) mengemukakan 10 jenis tugas perkembangan remaja, yaitu: Mencapai hubungan dengan teman lawan jenisnya […]

Read More